Kategori

Tips Belajar Ngetik 10 Jari Untuk Para Pemula!

Post a Comment


Thumbnail - Tips Belajar Ngetik 10 Jari

Pernah ga sih kalian ngeliat orang-orang seperti di film-film hacker ataupun yang berkaitan dengan komputer bisa ngetik cepet 10 jari, dan sebenernya mungkin ga sih kaya gitu? jawabannya ya mungkinlah. Mengetik dengan 10 jari adalah hal yang keren dan mempercepat waktu kamu dalam mengetik, apalagi bagi kalian yang masih pelajar/mahasiswa pasti ga jauh dari tugas yang mengharuskan kamu untuk mengetik tugas kamu. 

Terus bagaimana sih caranya agar terbiasa untuk mengetik 10 jari untuk pemula? dan tertarik untuk belajar meningkatkan kecepatan kamu dalam mengetik. Yuk mari kita bahas Tips Belajar Ngetik 10 Jari Untuk Para Pemula!


Langkah 1 - Belajar Layout Pada Keyboard

Penempatan Posisi Masing masing jari1
Source : Pinterest

Pertama hal yang harus kamu lakukan dengan tangan & jari kamu adalah belajar untuk memahami keyboard itu sendiri, dan cobalah mengetik dengan menempatkan posisi-posisi jari kamu untuk mengarahkan ke huruf yang tepat agar lebih efisien, dengan menyesuaikan jari yang berwana untuk menekan tombol warna yang sama (Merah ke merah, Orange ke orange begitu seterusnya). 

Jangan sampai jari-jari kamu itu mengambil posisi jari lainnya, agar tidak merusak pola mengetiknya dan lebih fatalnya lagi kamu terbiasa dengan hal tersebut. 

Gunakan posisi seperti ini untuk awal mengetik, dan biasakan jari telunjuk kamu untuk merasakan bintilan huruf F dan J pada keyboard :

Penempatan Posisi Masing masing jari 2
Source : Typing Academy


Langkah 2 - Coba Ngetik Tanpa Lihat

Kedua kamu itu harus membiasakan jari-jari kamu merasakan keyboard kamu dan mencoba untuk menyatukan jari kamu dengan keyboard. Dengan mencoba ngetik tanpa lihat kamu akan terbiasa, dan ini juga membantu otot dan jari kamu mengenal dan tahu dimana letak huruf itu berada, yang bisa dibilang ini hal kerennya meningkatkan muscle memory ( memori otot ) dalam mengetik.

Langkah 3 - Benerin Posisi Duduk Kamu

Posisi Duduk Kamu
Source :  Typing Academy

Benerin posisi duduk kamu juga bisa meningkatkan beberapa persen kecepatan dalam mengetik kamu, dengan posisi duduk tegak dan memposisikan lengan kamu sedikit lurus kearah keyboard akan membantu kamu dalam mengetik, jadi jangan gunakan posisi agak sedikit bungkuk apalagi dengan waktu yang lama itu akan berakibat fatal dan juga hilangin kebiasaan ngeliat keyboardnya yaaa!


Langkah 4 - Belajar Shortcut Keys

Saat mengetik shortcut keys sangatlah banyak, ga semua shortcut keys sih sebenernya untuk kamu hafalin cukup yang basic aja dan berguna saat mengetik seperti :

  • CTRL + A =  Seleksi semua teks
  • CTRL + C  =  Meng-copy sebuah teks
  • CTRL + V = Mem-paste sebuah teks
  • CTRL + Backspace = Menghapus satu kata
  • CTRL + Panah Kiri = Pindah ke kata sebelumnya
  • CTRL + Panah Kanan = Pindah ke kata selanjutnya

Kamu bisa lihat shortcut keys selengkapnya di website ini : Keyboard Shortcuts Cheat Sheet by Icetyger

Nah dengan belajar shortcut keys ini bisa mempercepat proses mengetik kamu, apalagi saat kamu typo pada satu kata daripada mengunakan backspace berkali-kali kamu bisa menggunakan CTRL+ Backspace untuk menghapus 1 kata sekaligus.
 

Langkah 5 - Langsung Praktekin!

Daripada kebanyakan teori dan baca tanpa ada nya praktek mah percuma, langsung coba sendiri dan praktekin dibeberapa website game khusus ngetik seperti :


Coba langsung praktekin di website-website tersebut, apalagi di beberapa website seperti 10FastFingers, Keyma.sh, TypeRacer, dan Nitrytype mempunyai mode multiplayer dimana kamu bisa adu skill kecepatan ngetik kamu dengan orang laiin, dan ini efektif banget untuk memicu adrenalin kamu saat mengetik  atau improve secara cepat sadar ga sadar. 

Langkah 6 - Latihan Terus

Namanya belajar ya jangan mau cepet atau instan, kaya mie goreng aja. Apalagi soal mengetik prosesnya agak memakan waktu lama bagi kamu untuk terbiasa, jadi sering seringin latihan ngetik di beberapa website yang udah dikasih di langkah kelima biar kamu cepet improvenyaa!


Gambar diatas adalah contoh nyata dimana grafik nya kecepatan ngetik gua meningkat, dimana awalnya gua ngetik dengan 6 jari dan kecepatan nya cuma sekitar 70 kata permenit setelah latihan terus untuk belajar ngetik 10 jari sampai hampir 999x percobaan, bisa terus meningkat ke sekitar 110 kata permenit di Monkeytype. Jadi selalu coba untuk ngetik lagi dan lagi yaaa.

Langkah 7 - Pake Keyboard Mekanikal (Opsional)


Sebenernya ini opsional sih, dengan menggunakan keyboard yang nyaman juga membantu kecepatan kamu dalan mengetik, dan banyak sih yang nyaranin juga untuk pake keyboard yang bertipe mekanikal, karena feel keyboard seperti keyboard mekanikal emang nyaman banget sih untuk mengetik, tapi kamu bisa juga menggunakan keyboard biasa asal yang nyaman, dan kamu bisa baca artikel 5 Alasan Menggunakan Keyboard Mekanikal • Jagat Review, mengapa gua merekomendasikan keyboard mekanikal ini.

Langkah 8 - Sering-sering liat youtuber yang kontennya ngetik


Sering-sering juga untuk ngeliat youtube yang satu ini yaitu NoThisIsJohn, dan channelnya menarik bagi kamu yang ingin belajar ngetik cepet nih, apalagi banyak tips dari dia untuk meningkatkan kecepatan ngetik kamu. Jujur aja sebagai penulis terinspirasi dari youtuber yang satu ini untuk belajar ngetik cepet.

Jadi sebenernya penting ga sih ngetik 10 jari?

Jujur aja sebenernya penting ga penting untuk kamu belajar 10 jari, dan ga mengharuskan kamu juga untuk ngetik 10 jari, dan juga ada orang yang nyaman dengan ngetik 6-8 jari, dan itu tergantung kamu untuk mau nyamannya gimana. Tapi dengan ngetik 10 jari bisa memaksimalkan cara kamu untuk ngetik, karena jelas semua jari terpakai disini.

Rekomendasi website untuk ngetik 10 jari

sebelum penutup ada beberapa rekomendasi website untuk belajar ngetik 10 jari sesuai tahap-tahapnya bahkan ada praktek langusng dengan sebuah game, kamu bisa coba kunjungin website :

Penutup

Itulah langkah-langkah dan tips bagi kamu yang baru mau belajar ngetik dengan 10 jari, pada intinya selalu selesain dengan kasus seperti tugas-tugas yang berhubungan dengan ngetik aja, dengan begitu kamu bisa nugas sambil belajar ngetik dan semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment