Kategori

Inilah Hal Yang Kamu Lakukan Jika Kamu Terpaksa Begadang



Begadang adalah melakukan suatu kegiatan apapun yang dilakukan dari malam hari sampai dini hari, bahkan tidak tidur sama sekali atau juga bisa dikarenakan insomnia yang mengakibatkan susah tidur. Begadang biasanya dilakukan dan dimulai rata-rata dari usia remaja bahkan dewasa, apalagi yang sudah bekerja dan mempunyai tugas kerja yang sangat banyak dan perlu dikerjakan secepat mungkin.

Efek dari begadang biasanya dari :

  1. Muka lesu dan kantong hitam dimata
  2. Pusing dan susah konsentrasi
  3. Gampang emosi
  4. Mudah Mengantuk
  5. Pola makan tidak teratur,dll.

Bagi pelajar ataupun kamu yang sudah bekerja yang mempunyai tugas banyak pasti hal yang wajar ini memungkinkan kamu untuk bekerja lebih dan membuat kamu terpaksa begadang, ya walaupun pekerjaan tersebut bisa kamu lakukan pada esok hari, tapi apa daya jika tugas tersebut harus sudah dikerjakan dan dikumpulkan, Inilah hal yang kamu lakukan jika kamu terpaksa begadang.

1. Hindari Kopi


Hindari Kopi Dengan Mengganti Apel

Hindarilah kopi dan ganti dengan apel,karena kopi memiliki kafein dan kafein adalah stimulan yang dapat menangkal rasa kantuk dan mengembalikan kewaspadaan sedangkan apel mengandung fruktosa, gula sederhana yang disampaikan secara perlahan seluruh sistem anda dan tidak memiliki efek samping seperti kafein termasuk kegelisahan, lekas marah, insomnia dan lain-lain.


2. Banyaklah bergerak atau Stretching

Perbanyak gerak

Saat kamu begadang dan melakukan kegiatan secara terus menerus memiliki dampak yang buruk juga, dengan adanya bergerak atau stretching akan merileksasikan tubuh anda, dan tidak membuat tubuh anda menjadi pegal dan sakit.

3. Minum Air Putih

Minum Air Putih

Minum air putih bisa membuat tubuhmu semakin segar, dan menjaga tubuh untuk tidak terkena dehidrasi yang membuat anda lemas, selain membuat anda lemas tidak meminum air putih bisa memengaruhi suasana hati, jika anda melewati minum air putih anda membuat tubuh sulit mengatasi dampak dari kurang tidur. Meminum segelas air putih sebelum melakukan begadang dapat meningkatkan energi tubuh.

4. Jauhi Angin Malam

Jauhi Angin Malam Agar Tidak Masuk Angin

Saat kamu beraktifitas dimalam hari lebih baik tubuh tidak terpapar angin malam, angin malam bisa membuat tubuhmu dingin dan bisa membuatmu masuk angin, lebih baik gunakan jaket atau baju yang tebal agar menghangatkan tubuh.

5. Makanan atau camilan yang berprotein

Jangan Memakan makanan fastfood

Saat melakukan kegiatan atau pekerjaan yang serius saat begadang, ngemil adalah ide terbaik. Jangan memakan makanan seperti fast food, cokelat dan permen karena mengandung karbohidrat dan gula sederhana. Yang justru membuat anda mengantuk, lebih baik memakan makanan yang mengandung protein murni seperti protein shakes, greek yogurt dan toping buah-buahan atau irisan apel yang dioles selai kacang.

6. Cicil Waktu Tidur



Hasil gambar untuk tidur siang

Dengan menyicil waktu tidur dengan tidur siang sekitar 15-20 menit ini membantu tubuh kalian untuk menyambut waktunya begadang pada malam hari. Itulah hal yang perlu kamu lakukan jika kamu terpaksa begadang untuk melakukan sesuatu yang penting, jagalah tubuh kalian tetap sehat karena sehat itu mahal. 

Janganlah sering-sering begadang karena begadang itu tidak baik, seperti kalian pernah dengar disebuah lagu.

"Begadang boleh saja.., kalau ada perlunya". - Rhoma Irama

Related Posts

Post a Comment